Lembaga Pengabdian Masyarakat Adakan Kegiatan Pendampingan Bagi Masyarakat Perkotaan di Kota Sukabumi

(Sukabumi, 5 Juli 2011) Lembaga Pengabdian Masyarakat IPDN kembali mengadakan kegiatan pendampingan  pada masyarakat perkotaan di Sukabumi.  Kegiatan ini berlangsung selama 3 bulan sejak bulan Juli sampai dengan September 2011.  Acara pembukaan  bagi kegiatan tersebut oleh Walikota Sukabumi H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si didampingi oleh Pembantu Rektor Bidang Administrasi IPDN Drs Lailil Kadar, MA dan Kepala LPM Dr. Dra. Farida Sinaga, MM, M.Si berlangsung pada tanggal 5 Juli 2011 bertempat di Balai Kota Sukabumi yang dihadiri oleh aparat kecamatan dan kelurahan, tokoh masyarakat, tokoh adat, pemuka agama, perwakilan perempuan dan pemuda yang berasal dari 3 Kecamatan (masing-masing diwakili 1 kelurahan) lokasi-lokasi pendampingan dengan peserta sebanyak 75 orang dan dosen pendamping sebanyak 12 orang dari 30 orang dosen yang dilibatkan pada kegiatan tersebut.

Acara diawali dengan sambutan oleh Kepala Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) IPDN Ibu Dr. Dra. Farida Sinaga, MM., M.Si,yang mengharapkan kegiatan pendampingan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Sukabumi khususnya yang berlokasi di Kelurahan dan Kecamatan lokasi pendampingan.  Kegiatan ini merupakan kali kedua di adakakan di Kota Sukabumi, Kepala LPM berharap apa yang diagendakan dapat berjalan lancar dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan rektor IPDN yang dibacakan oleh Pembantu Rektor Bidang Administrasi Bapak Drs. Lailil Kadar, MA.  Selanjutnya Bapak Walikota Sukabumi menyampaikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan pendampingan masyarakat perkotaan oleh LPM IPDN di Kota Sukabumi.  Walikota Sukabumi secara lugas dan rinci menyampaikan gambaran umum dan Profil Daerah Kota Sukabumi termasuk daerah-daerah yang akan menjadi lokasi pendampingan. Beliau menyampaikan berbagai harapan terkait dengan kegiatan pendampingan tersebut, semoga memberikan manfaat dan ke depan dapat memberikan dampak di dalam mendukung pencapaian visi dan misi daerah Kota Sukabumi

Setelah acara pembukaan selesai, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi pendampingan oleh nara sumber.  Materi pendampingan meliputi Sosialisasi dan peningkatan pemahaman kepada para Camat, Lurah dan Tokoh Masyarakat mengenai Pemberantasan Korupsi, Narkoba dan Manajemen Bencana.  Pada kegiatan setelah pembukaan tersebut dihadirkan narasumber antara lain Bapak Dr. H. TEDDY NURHADIE, S, Drs, M.Si,. yang memaparkan mengenai Pemberantasan Korupsi, Kepala Sub Direktorat Sarana Dan Prasarana  Direktorat  P2B Direktorat Jenderal Pum Kemendagri yang memaparkan mengenai Manajemen Bencana dan Penyalah-Gunaan Narkotika Oleh Dr. Mintarsih A. Latief, Spkj.

Seluruh peserta yang hadir terlihat sangat antusias menyimak dan menanyakan hal-hal terkait dengan materi yang disampaikan oleh nara sumber. Beberapa peserta juga melakukan klarifikasi mengenai hal-hal dan permasalahan yang sering ditemukan di lapangan.  Diskusi berlangsung cukup dinamis dan antara nara sumber dan peserta terlihat saling menggali lebih jauh untuk dapat menginformasikandan memberikan pemahaman mengenai materi yang dipaparkan.

Pada akhir acara dilakukan pertemuan antara pendamping (dosen IPDN) dengan peserta dari masing-masing kelurahan lokasi pendampingan untuk menyepakati jadwal dan lokasi kegiatan pendampingan berikutnya.  Kegiatan pendampingan oleh dosen-dosen yang telah ditunjuk selanjutnya juga akan dilaksanakan di tiap kelurahan (di Kelurahan Tipar/Kecamatan Citamiang, Kelurahan Kebonjati/Kecamatan Cikole, Kelurahan Karang Tengah/Kecamatan Gunung Puyuh)yang dibagi ke dalam tiga tim pendamping. Masing-masing Tim akan melaksanakan pendampingan secara berkelanjutan yang didahului oleh Tim A, dilanjutkan oleh Tim B dan diakhiri oleh Tim C  yang pelaksanaan antara lain pada tanggal 5 juli dan 19 juli, 2 Agustus dan 16 Agustus serta 13 September dan 27 September 2011.

Sumber : LPM IPDN
Last Update Admin (2011-07-11, 11:41:43)

Category(s): Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

 

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>